4 Langkah Desain Kualifikasi Pembelian pH Meter

desain kualifikasiSeperti kita ketahui, tahap desain kualifikasi merupakan bagian terpenting dalam setiap pembelian alat ukur / alat laboratorium. Dimana tahap ini merupakan tahap rancangan untuk apa alat tersebut kita beli, spesifikasinya seperti apa, aplikasinya akan kita gunakan dimana, dll. Salah penentuan dalam desain kualifikasi ini menyebabkan kesalahan pembelian alat atau kurang lebih membeli alat yang tidak sesuai dengan penggunaannya.

Berikut ini merupakan contoh desain kualifikasi untuk pembelian pH Meter. Untuk brand nya sendiri kami fokuskan brand horiba karena brand ini merupakan brand yang sudah terbukti dalam alat ukur kualitas air. Berikut ini adalah tahapannya :

1. Parameter

Parameter apa saja yang akan kita ukur, Alat pH meter terkadang juga support jika digunakan untuk pengukuran conductivity, DO, TDS, dll. Apakah kita hanya akan melakukan pengukuran PH atau parameter yang lainnya. Jika kita misalnya ingin melakukan pengukuran untuk parameter pH dan conductivity tentu membeli satu unit alat yang mampu mengukur kedua parameter tersebut akan dirasa lebih efisien dibandingkan dengan membeli 2 unit alat yang masing-masing digunakan untuk mengukur pH dan conductivity. Petakan kebutuhan anda. Dari parameter ini maka anda akan dapat menyimpulkan tipe yang mana alat yang akan anda beli.

2. Tipe Elektrode

Pikirkan mengenai aplikasi dari pengukuran anda, pH meter akan anda gunakan untuk mengukur sampel apa? Apakah sampel berbentu solution / liquid atau gel, atau mungkin anda gunakan untuk mengukur keasaman buah atau daging. Tanyakan ke vendor jenis elektroda yang mana yang sesuai dengan aplikasi pengukuran di tempat anda.

3. Buffer Solution

TIpe Unit dan Elektroda sudah ketemu, Selanjutnya adalah kelengkapan asesories dari unit yang akan kita beli. Apakah kita akan membeli kelengkapan pendukung seperti larutan buffer, larutan reference, dan lain sebagainya? Jika kita ingin membeli langsung pastikan juga kita memilih tipe yang sesuai dalam satu paket, apakah mengikuti standar NIST, standar USA, atau yang lainnya. Pembelian elektrode satu paket secara langsung dengan unit sangat disarankan sehingga dapat dalam aplikasi di lapangan lebih efisien (baca artikel terkait : Pemilihan larutan buffer)

4. Pelaksanaan IQ OQ

Setelah semuanya lengkap, pastikan kepada vendor apakah paket pembelian tersebut termasuk dengan kelengkapan dokumen IQ OQ serta pelaksanaannya.

Untuk pembelian pH meter horiba lengkap dengan pelaksanaan IQ OQ anda dapat menghubungi kami disini 0857-1781-7555 atau email ke admin@trainingkalibrasi.net

Incoming search terms:

  • kualifikasi ph meter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *