Cara Merawat Test Sieve atau Saringan

cara-merawat-test-sieveBerikut ini artikel mengenai cara merawat test sieve atau saringan sehingga tidak cepat rusak.

Anda mempunyai test sieve untuk analisa di laboratorium ? Karena harga per unit atau satuan alat ini bisa dikatakan tidak murah, berkisar antara 2 – 3 jutaan maka kita harus benar-benar menjaganya agar tidak cepat rusak sehingga biaya pembelian alatpun dapat dihemat. Berikut ini beberapa tips mengenai cara merawat test sieve atau saringan.

Test Sieve seperti halnya peralatan laboratorium lainnya juga memerlukan perawatan secara berkala untuk menjamin kesesuaiannya terhadap standar yang telah ditentukan. Test sieve ini harus disimpan dalam keadaan bersih dan kering.

Pembersihan test sieve harus dilakukan dengan menggunakan ultrasonic cleaner, hal ini harus kita lakukan secara berkala, lebih baik jika dapat kita lakukan harian misalnya setiap akhir shift 3, hal ini untuk menjamin bahwa lubang atau hole yang ada di test sieve tersebut tidak banyak tertutup oleh sisa-sisa sampel yang mungkin tidak dapat dibersihkan dengan menggunakan kuas biasa. Mengenai apa itu ultrasonic cleaner dapat teman-teman baca disini (baca : jual ultrasonic cleaner murah). Disarankan lagi jika pembersihan dengan menggunakan ultrasonic cleaner tersebut ditambahkan deterjen pembersih khusus.

Jika pada saat pembersihan test sieve menggunakan kuas maka disarankan kuas terbuat dari bahan nilon serta pembersihan dilakukan hanya pada bagian bawah dengan gerakan yang melingkar. Jangan pernah mengguakan benda tajam jika ada sisa sampel yang yang terjebak di dalam lubang test sieve tersebut dikarenakan dapat merusak wire atau kawat baik itu terputus, melengkung, dll sehingga dari sisi spesifikasi sudah tidak masuk standar lagi. Selalu gunakan ultrasonic cleaner.

Selalu lakukan kalibrasi secara rutin untuk peralatan test sieve ini untuk mengetahui apakah dimensi dari wire tersebut masih sesuai standar yang telah ditentukan. Jika ternyata sudah tidak masuk standar maka disarankan untuk melakukan penggantian yang baru karena hal ini akan berpengaruh pada hasil analisa sampel anda. Salah satu test sieve yang kami rekomendasikan bisa dilihat disini (Baca : Jual Test Sieve WS-Tyler).

Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara kalibrasi sieve test
  • ultrasonic pembersih test sieve
  • harga satuan test sieve
  • harga ultrasonic cleaner untuk test sieve
  • kalibrasi sie
  • kalibrasi sieve test
  • kuas pada sieve adalah
  • saringan siefing
  • TEST SIEVE ADALAH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *