Panduan Membeli Pressure Gauge

panduan-membeli-pressure-gaugeKemajuan teknologi yang sangat cepat dibidang alat ukur khususnya pressure gauge membuat Customer semakin bingung apa saja yang harus mereka perhatikan sebelum melakukan pembelian pressure gauge ini. Setiap vendor atau brand menawarkan berbagai macam keunggulan yang mereka miliki. Namun tetap kita harus mempunyai panduan supaya kita tidak tersesat atau terjadi kesalahan dalam melakukan pembelian pressure gauge tersebut. Berikut ini adalah panduan membeli pressure gauge yang dapat anda gunakan (meskipun panduan ini bukanlah petunjuk baku).

1. Perhatikan Masalah Safety

Terkadang pressure gauge digunakan di area tekanan tinggi ataupun tempat yang mudah terbakar. Tentunya kita menginginkan suatu alat yang dapat membantu kita dalam tugas di area tersebut, maka kita perlu memperhatikan hal-hal berikut :
a. Pressure gauge harus dapat memberikan peringatan jika kondisi pressure / tekanan sudah melebihi kapasitas.
b. pressure gauge haruslah selalu menampilkan tekanan real serta harus berhenti menampilkan nilai tekanan jika ternyata sistem terjadi kerusakan.
c. Interface atau penampakan yang sederhana lebih direkomendasikan.
d. Nilai dari tekanan serta satuan dapat terlihat jelas di unit alat tersebut.

2. Spesifikasi yang sesuai

Berapa rentang ukur yang anda butuhkan ? Berapa akurasi serta resolusinya ? Tak selamanya akurasi tinggi sesuai dengan kebutuhan pengukuran anda di lapangan. Semakin tinggi akurasi maka semakin bagus alat tersebut, namun jika tidak sesuai dengan kebutuhan anda, maka anda akan over budget atau membuang uang secara sia-sia. Selain itu untuk melakukan kalibrasi ulang terhadap pressure gauge yang anda miliki akan kurang leluasa memilih laboratorium kalibrasi karena keterbatasan dari nilai CMC yang mereka miliki. Hal lain jika kita berbicara mengenai akurasi maka anda perlu perhatikan apakah nilai akurasi dalam spesifikasi tersebut % of Full Scale atau % of Reading.
Begitu juga dengan resolusi, berapa nilai yang anda inginkan.

3. Model Pressure Gauge

Model ini berkaitan dengan sensor pressure gauge sesuai dengan kebutuhan anda di lapangan, apakah pressure gauge anda gunakan di sistem yang kering atau yang basah. Hal ini berkaitan dengan jika kita salah memilih sesuai dengan aplikasi maka alat tersebut akan cepat rusak karena adanya kontaminasi. Tipe sensor lain yang kita kenal adalah diaphragm. Tipe Mounting juga perlu kita perhatikan yang mana yang sesuai dengan penggunaan kita.

Incoming search terms:

  • resolusi pressure gauge
  • pressure gauge rusak
  • memilih perssure gauge yang baik
  • penyebab pressure gauge rusak
  • resolusi pressure
  • Pressure gauge rusak?
  • penampakan presure gauge
  • pembelian pressure gauge
  • kapasitas pressure gauge
  • ciri dan penampakan pressure gauge rusak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *