Pentingnya Melakukan Kalibrasi Alat Ukur

Apa sih kalibrasi dan apa juga pentingnya melakukan kalibrasi alat ukur kita?

Kalibrasi pada dasarnya adalah proses membandingkan unit under test (UUT) dengan standar yang tertelusur. Apa itu tertelusur ? ketertelusuran pengukuran adalah kemampuan dari hasil ukur secara individu untuk dihubungkan ke standar nasional atau internasional untuk satuan ukuran dan / sistem pengukuran yang disahkan secara nasional meaupun internasional melalui suatu perbandingan tak terputus.

Jika kita cermati dalam suatu hasil laporan atau sertifikat kalibrasi maka ada 2 hal yang kita dapatkan yaitu koreksi dan ketidakpastian pengukuran. Nilai koreski tersebut menunjukkan adanya akurasi yaitu kedekatan dengan nilai yang sesungguhnya. Sedangkan nilai ketidakpastian merupakan rentang dimana pengukuran tersebut mempunyai nilai benar.

Dalam suatu industri atau perusahaan yang memproduksi atau menghasilkan barang tentunya mereka mempunyai spesifikasi atau batas atas dan batas bawah, dimana jika batas tersebut terlampau maka barang tersebut dikatakan reject atatu tidak masuk standar, dan kesemuanya itu berawal dari pengukuran. Kita bisa bayangkan jika alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran tersebut tidak benar, maka dampaknya produk yang kita hasilkan juga tidak bagus.

Yuk kita lihat ke contoh kasus dibawah ini :

dampak kalibrasi
Kenal kan ya dengan benda diatas, benda yang selalu kita gunakan di awal bulan he he. Percaya atau tidak kartu tersebut hampir dapat kita gunakan di seluruh dunia. Ini berarti ada spesifikasi khusus untuk mesin ATM nya dan juga kartunya. Dalam hal ini kita akan membahas tentang kartunya. Untuk dapat digunakan di semua negara tentu kartu tersebut mempunyai spek dimensi panjang x lebar tertentu dan juga toleransi tertentu juga. Kita bisa bayangkan jika pengukuran yang mereka lakukan ternyata keliru, bisa-bisa kartu ATM tersebut tidak dapat kita gunakan sama sekali. itulah kenapa kalibrasi terhadap alat ukur perlu dilakukan.

Contoh kedua adalah gambar berikut ini :

akibat tidak kalibrasi
Jembatan roboh . . . Sampai segitunya ya dampak dari kalibrasi. Hal tersebut bisa saja terjadi ketika pengukuran misalnya daya tekan terhadap jembatan tersebut dilakukan secara tidak benar. Harusnya jembatan yang tahan sampai puluhan tahun ternyata baru 5 tahun sudah roboh..

Dari hal-hal tersebut diatas diharapkan mulai timbul kesadaran akan perlunya kalibrasi alat ukur di perusahaan kita sehingga kita mampu menghasilkan produk yang berkualitas lebih jauh lagi tentunya tidak merugikan customer kita lebih jauh lagi akan meningkatkan daya saing di pasar global.

Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • pentingnya kalibrasi
  • seberapa penting kalibrasi
  • bagaimanakah pentingnya kalibrasi terhadap pengukuran
  • contoh kasus kalibrasi
  • dampak dari kalibrasi
  • pentingnya kalibrasi alat
  • mengapa kalibrasi alat itu perlu filakukan?
  • alasan penting alat ukur perlu dikalibrasi
  • alasan kalibrasi alat
  • akibt kalibrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *