Semua Tentang Jangka Sorong dan Mikrometer

jangka sorong dan mikrometer

Jangka sorong dan mikrometer merupakan alat ukur yang banyak digunakan di hampir semua industri. berdasarkan fungsinya jangka sorong digunakan untuk mengukur diameter luar atau dalam suatu benda serta kedalaman / ketebalan suatu benda. Untuk bagian-bagian dari jangka sorong tersebut sudah banyak blog yang membahasnya, salah satunya adalah disini. Sedangkan mikrometer dilihat dari fungsinya adalah hampir sama seperti jangka sorong yaitu mengukur panjang / ketebalan / diameter dari benda-benda yang cukup kecil seperti lempeng baja, aluminium, diameter kabel, kawat, lebar kertas, dll. Salah satu artikel yang membahas tentang mikrometer adalah disini.

Dari semua artikel-artikel referensi diatas, semuanya hanya menyentuh bagian permukaan saja tidak banyak yang menjelaskan secara detil mengenai jangka sorong dan mikrometer. Panduan dari measurement good practice guide karangan david flack yang berjudul callipers and micrometers merupakan panduan yang sangat lengkap yang menjelaskan tentang caliper dan mikrometer, dari macamnya baik yang dial caliper ataupun yang elektronik serta caliper dengan desain dan fungsi aplikasi tertentu seperti M type vernier caliper, offset caliper, swivel jaw calipers, long jaw calipers, constant force dial caliper, dll juga dijelaskan di dalam panduan tersebut. Hal yang jarang dibahas di dalam artikel-artikel diinternet misalnya faktor yang mempengaruhi pengukuran serta budget / hal-hal yang memberikan konstribusi ketidakpastian pada pengukuran dengan menggunakan jangka sorong seperti kesalahan paralax, kondisi lingkungan, overall errors dan lain sebagainya. Pada pada bab terakhir diberikan panduan bagaimana membeli sebuah jangka sorong serta cara perawatannya.

Untuk hal-hal diatas juga dijelaskan untuk mikrometer. Untuk mikrometer dengan aplikasi khusus seperti tubular inside mikrometer, caliper type inside mikrometer, three point type inside mikrometer, dan depth mikrometer juga dijelaskan dalam panduan tersebut. Bisa dikatakan panduan berikut merupakan bacaan wajib bagi pelaksana kalibrasi lingkup dimensi. Silakan langsung download panduan tersebut disini https://sites.google.com/site/trainingkalibrasi/Jangka-Sorong-dan-Mikrometer.pdf?attredirects=0&d=1

Incoming search terms:

  • cara perawatan jangka sorong
  • cara kalibrasi vernier caliper
  • cara merawat jangka sorong
  • perawatan jangka sorong
  • faktor penyebab jangka sorong
  • cara pemeliharaan vernier caliver
  • bagian bagian jangka sorong digital
  • cara perawatan vernier caliper dan micrometer
  • fungsi swifel vernier caliper
  • faktor penyebab kalibrasi jangka sorong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *